Kamis, 02 April 2020

Wedang Uwuh Minuman Khas Imogiri dan Khasiatnya



Wedang Uwuh, Minuman Khas Imogiri, Yogyakarta, Dengan Banyak khasiat

Wedang uwuh adalah minuman dengan bahan-bahan yang berupa dedaunan mirip dengan sampah. Dalam bahasa Jawa, wedang berarti minuman, sedangkan uwuh berarti sampah.

Wedang uwuh disajikan panas atau hangat memiliki rasa manis dan pedas dengan warna merah cerah dan aroma harum.

Wedang uwuh banyak dijual di sekitar makam para raja Mataram yang terletak di daerah Imogiri, Yogyakarta,

Racikan wedang uwuh terdiri dari daun cengkeh, kayu manis, daun pala, jahe, kayu secang, dengan menggunakan pemanis dari gula batu.

Minuman ini memiliki warna merah yang dihasilkan dari penggunaan kayu secang.
Wedang uwuh nikmat disajikan dalam kondisi panas.
Cita rasa dari minuman ini adalah pedas dari jahe, dan rasa segar yang dikeluarkan dari beragam jenis daun-daunan yang diseduh dengan air panas.

Kalau di Imogiri beberapa jenis daun yang digunakan untuk membuat minuman ini berasal dari komplek makam Raja Mataram. Daun pala di wedang uwuh ini berasal dari dalam makam yang dikumpulkan oleh abdi dalem dan dijual kepada para pedagang wedang uwuh. Keberadaan wedang uwuh sekarang sudah tidak lagi hanya di Imogiri, namun menjadi kesukaan warga Yogyakarta, Solo dan di sekitarnya.

Khasiat wedang uwuh
Khasiat wedang uwuh untuk kesehatan dan kebugaran tubuh ternyata banyak sekali.

Wedang uwuh merupakan minuman tradisional yang belakangan makin populer dan dicari banyak orang. Apalagi tak sedikit produk minuman ini yang dibuat instan dan banyak dijual secara online di internet.

Namun kemasan wedang ini agak berbeda dengan produk minuman kemasan lainnya. Selain tidak dibuat serbuk, produk minuman rempah ini masih dalam bentuk herbal asli sehingga terkesan seperti sampah.

Wedang uwuh juga populer dengan sebutan teh uwuh karena cara membuatnya yang mirip yaitu dengan diseduh air panas. Namun ini bukanlah minuman biasa, karena dibuat dari beragam jenis herbal dan khasiat wedang uwuh untuk kesehatan sudah banyak teruji.

Aroma racikan wedang uwuh sangat khas terutama sebelum diseduh. Setelah diseduh minuman akan berwarna kemerahan yang berasal dari kayu secangnya. Rasanya juga manis dan pedas khas herbal.

Racikan wedang uwuh dibuat dari beragam herbal yang berkhasiat obat. Karena itu mengkonsumsi minuman ini akan memberikan banyak manfaat untuk kebugaran dan kesehatan tubuh.

Berikut ini bahan herbal yang terdapat dalam minuman ini beserta khasiat wedang uwuh untuk kesehatan yang sebaiknya anda tahu.

Jahe
Jahe diketahui bersifat antikoagulan yang bermanfaat dalam mencegah penggumpalan darah. Jahe juga mengandung antioksidan yang berguna untuk mengatasi radikal bebas. Jahe juga kaya minyak asiri berguna untuk meningkatkan fungsi jantung.

Kandungan mineral lain dalam jahe juga mampu memperkuat otot usus dan merangsang selaput lendir perut besar. Ini akan menguatkan lambung, memperbaiki dan melancarkan pencernaan.

Kayu Secang
Wedang uwuh yang berwarna merah berasal dari kayu secang /Caesalpinia sappan. Khasiat wedang uwuh dari bahan ini karena bersifat antioksidan, antikanker, melancarkan peredaran darah, dan melegakan pernapasan.

Daun dan Buah Pala
Pala, baik bagian buah dan daunnya kaya dengan kandungan kimianya seperti saponin, polifenol, dan flavonoid. Zat ini ampuh dalam mengatasi insomnia, batuk berlendir, masuk angin, mengobati kejang otot, dan meredakan nyeri.

Herbal ini juga bersifat antiemetik /mengatasi rasa mual, stomakik /melancarkan pencernaan, dan karminatif /melancarkan buang angin. Tanaman ini juga baik untuk mengatasi rematik, melancarkan sirkulasi darah, dan meredakan nyeri haid.

Cengkeh
Khasiat wedang uwuh dari bahan cengkeh diketahui bersifat kimiawi yang hangat, bersifat aromatik, dan rasanya tajam. Herbal ini juga mempunyai efek farmakologis sebagai antiseptik, perangsang /stimulan, anestetik lokal, menghilangkan kolik, dan peluruh kentut /icarminative.

Di dunia medis, minyak cengkeh dimanfaatkan untuk meredakan sakit gigi. Bunga cengkeh /Syzygium aromaticum kaya minyak atsiri, asam galotanat, asam oleanolat, karyofilin, eugenol, fenilin, resin, dan gom.
Khasiat wedang uwuh dari herbal ini ampuh untuk mengobati rematik, radang lambung, sinusitis, campak, sakit gigi, batuk, sakit kepala, kembung, mual dan muntah, masuk angin, dan terlambat haid.

Daun dan Kayu Manis
Selain rasanya yang manis, herbal ini juga berkhasiat sebagai antioksidan, mengatasi sakit perut, kembung, sakit kepala karena sinus, dan memulihkan rasa lelah, dan meningkatkan imunitas tubuh.

Kapulaga
Khasiat wedang uwuh dari bahan kapulaga juga kaya dengan kandungan protein, gula, lemak, minyak atsiri, sineol, terpineol,karvona, dan mineral penting lainnya. Kanddungan ini ampuh sebagai obat batuk maupun untuk mencegah pengeroposan tulang.

Akar dan Daun Sereh
Akar sereh berkhasiat sebagai obat batuk, peluruh dahak, bahan kumur, peluruh air seni, peluruh keringat, dan menghangatkan badan. Begitupun daun  sereh yang berkhasiat meredakan kejang, penurun panas, dan menambah nafsu makan.

Itulah beragam bahan herbal yang memberikan khasiat wedang uwuh untuk kesehatan tubuh. Sedangkan gula batu digunakan dalam ramuan ini untuk tidak menghilangkan aroma dan citarasa asli herbalnya.

Sekarang untuk memdapatkan wedang uwuh sudah tidak perlu lagi datang ke Imogiri untuk menikmatinya di sana, karena sekarang bisa dibeli secara on line dan menikmatinya di rumah.

Di Jabotabek, cukup menghubungi WA 08111494599, Rumah Sehat Thera afiat menyediakannya untuk Anda. Dan Anda bisa menikmatinya bersama keluarga di rumah atau sambil WFH/work from home. (Verri JP)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar