Jumat, 03 April 2020

Peluang Bisnis Herbal



PELUANG UNTUK BERBISNIS YG MEMILIKI MASA DEPAN CERAH

Semua padang rumput dan belukar, semua gunung dan bukit adalah RUMAH OBAT DUNIA. begitulah tulisan Paracelsus, seorang ahli kimia dari Swiss pd  5 abad yang lalu Semenjak abad 20 kemajuan tehnology berkembang dan peradapan manusia membuat Obat KIMIA berjaya , telah menyingkirkan Obat Obatan Alami.
Tapi sekarang ini pamor obat alami kembali terangkat. Karena banyak hal yg menjadi kelemahan dari Obat  Kimia. Disamping harganya yg terus membubung , Efek samping Obat Kimia yg bisa membahayakan Kesehatan pemakaiannya membuat orang kembali ke obat obatan alami ( tradisional).
Slogan Back to Nature telah mendunia , Demam obat obatan alami telah menjangkiti Eropa dan Amerika . Hal ini juga mulai berkembang di Indonesia. Sebenarnya Indonesia sebagai Negara terbesar ke 2  di Dunia didalamTanaman Obat jangan sampai kalah dg Eropa dan Amerika untuk itu perlunya pemerintah mensosialisasikan Sk dan peraturan sertaPendidikan/Pelatihan ditingkat daerah, bukan herbal dianggap kuno lalu disepelekan oleh kaum medis ini yg jadi prihatin saya. Sedangkan SK saintifikasi jamu sudah ada peraturan tentang tradisional dg klasifikasi juga ada organisasi yg diresmikan Menkes dan sebagai Mitra Kemenkes juga ada yaitu P Aspetri tapi ilmunya ini yg kurang disosialisasikan mk di fb ini saya buat grup mari belajar Tanaman obat biar paham kandungan dan sifatnya.
Walaupun perkembangan pemanfaatan Tanaman Obat dianggap lambat tapi sekarang sudah mulai dibuka Pendidikan Herba diUniversitas Diploma jurusan herbal baik D satu maupun D tiga juga diPolitekes serta Fakultas pertanian dan fak. Kedokteran
Begitu juga di Masyarakat melalui penyuluhan PKk dari Puskesmas mulai menanam TOGA.
Sekarangi ini dari berbagai macam tanaman baik dilembah, pegunungan, hutan tanaman obat mulai diburu orang, seiring dg meningkatnya masyarakat dipasar yang mulai bermunculan menjual beraneka jenis obat obatan dari tumbuhan. Baik dikaki lima maupun promosi yg berlebihan  di radio, sekarang obat alami ini sudah mulaidikemas dan diolah secara modern, sebagai contoh  obat ekstrak tumbuhan yg sudah betedar sekarang ini, al : Prolipid, Prorelax, Prodiab, Antangin, , dlsb.
Walau bisnis Tanaman obat merupakan sesuatu yg baru ini sudah menunjukkan prospek yg luar biasa cerah.
Pada saat ini setelah adanya Permenkes RI. Tentang ramuan dan semua puskesmas dan Rumah sakit harus siap buka klinik herbal mk masyarakat petani didaerah, serta penyuluh pertanian juga siap

Tidak ada komentar:

Posting Komentar